Senin, 02 Desember 2013

Perencanaan Pajak di Akhir Tahun | Year End Tax Planning

Saat ini kita sudah memasuki bulan Desember yang artinya sudah mendekati batas waktu berakhirnya tahun pajak 2013. Bulan Desember adalah kesempatan terakhir bagi wajib pajak untuk melakukan berbagai upaya dalam rangka penghematan pajak. Wajib pajak sebaiknya melakukan telaah dan mengkaji kewajiban pajak penghasilan perusahaan sekaligus melakukan apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir pembayaran pajak secara legal sesuai dengan ketentuan perpajakan.

Untuk mengamankan cash flow wajib pajak, dapat dilakukan penundaan pembayaran pajak secara legal tentunya apabila masih bisa ditunda ke tahun pajak berikutnya. Wajib pajak juga dapat melakukan pergeseran pendapatan ke tahun berikutnya dan juga mempercepat pembebanan biaya sepanjang tidak melanggar ketentuan perpajakan yang berlaku.

Beberapa strategi umum yang dapat dilakukan dalam rangka perencanaan pajak di akhir tahun (year end tax planning) adalah :

1. Melakukan review terhadap keseluruhan pajak yang terhutang dalam satu tahun pajak meliputi PPh Pasal 21, widholding tax, PPh Badan dan PPN serta pajak-pajak lainnya serta dampaknya di masa yang akan datang seperti dampak angsuran PPh Pasal 25 atau dampak pembayaran pajak atas transaksi yang dapat menimbulkan beda waktu.

2. Melakukan review terhadap pembukuan beserta semua kelengkapannya dan dokumen kewajiban perpajakan sebagai persiapan bila terjadi pemeriksaan pajak apalagi jika wajib pajak termasuk dalam kriteria wajib pajak yang akan diperiksa oleh Ditjen Pajak.

3. Melakukan pengujian atas pembukuan, melakukan koreksi pembukuan dan apabila diperlukan dapat dilakukan pembetulan SPT Masa untuk memperbaiki kesalahan dan menghindarkan wajib pajak dari kerugian akibat sanksi perpajakan.

4. Melakukan analisa potensi resiko misalnya resiko kerugian akibat pengenaan saksi perpajakan yang mungkin akan terjadi dan menentukan solusi atau cara untuk memperkecil resiko tersebut.

Yang perlu diingat oleh wajib pajak adalah harus memperhitungkan situasi dan kondisi wajib pajak itu sendiri yang mencakup tujuan dilakukannya perencanaan pajak yang diinginkan. Wajib pajak juga harus mengantisipasi adanya perubahan ketentuan perpajakan yang akan dikeluarkan oleh Dirjen Pajak. Selain itu kegiatan perencanaan pajak juga harus mencakup tax review atas dua tahun pajak yakni tahun pajak berjalan dan tahun pajak berikutnya.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Gunakan company directory dibawah ini untuk menghubungi kami baik untuk konsultasi maupun berminat menggunakan jasa kami. Kami akan segera merespon pertanyaan Anda secepat yang bisa kami lakukan. Terima kasih. 

Jl. Suryopranoto No.2 Harmoni Plaza Blok K/3 Utara. Jakarta Pusat

Phone          : 021 632 9150 (A. Setiawan)
Mobile         : 081318452944 (A. Setiawan)
PIN BB       : 228FD5E4 | 28F210A8
Email           : setiawan@samco-consultant.com | binajasareksaprima@gmail.com
Website       : www.samco-consultant.com | http://www.binajasakonsultanpajak.blogspot.com

1 komentar :

Kami Konsultan Software Yang Berpengalaman Sejak Tahun 1995. Jasa Konsultan Software yang kami kerjakan antara lain :

Software Aplikasi MPN G2

Merupakan program aplikasi untuk pembayaran pajak, jika rekan rekan konsultan pajak ada yang membutuhkan, silahkan kontak kami.

Software Tour & Travel

Merupakan program aplikasi yang berfungsi sebagai program penanganan transaksi di perusahaan Tour & Travel khususnya Ticketing

Software Stok Barang / Penjualan

Merupakan program aplikasi yang berfungsi sebagai kontrol terhadap stock barang , penjualan / pembelian serta hutang piutang.

Software Akuntasi Terintegrasi

Merupakan program aplikasi untuk akuntasi laporan yang terintegrasi, program ini cocok untuk perusahaan perusahaan distribusi atau ritel.

Software Gaji

Merupakan program aplikasi yang berfungsi sebagai software program gaji dan telah banyak dipakai perusahaan perusahaan di Indonesia.

Software Sistim Sumber Daya Manusia

Merupakan program aplikasi yang berfungsi sebagai pengelola data kepegawaian, mulai dari perencanaan, rekrutmen, pelatihan, personalia, gaji dan pengembangan karyawan.

Untuk Informasi tentang software yang lebih detail, silahkan hubungi :

Herry Hermawan

PT Metalogic Infomitra
JL Kemandoran 1 No 20
Palmerah-Jakarta Barat
Telp : 021 5324790,91 (herry / tugiman)
metalogickonsultansoftware.blogspot.com

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recommended